MIKROBA BERDASARKAN SIFAT PEMECAHAN PADA SUBSTRAT

I.     PENDAHULUAN
Semua bakteri yang tumbuh pada makanan bersifat heterotropik, yaitu mem- butuhan zat organik untuk pertumbuhannya. Dalam metabolismenya bakteri hete- rotropok menggunakan protein, karbohidrat, lemak dan komponen makanan lainnya sebagai sumber karbon dan energi untuk pertumbuhannya. Beberapa bakteri dapat mengoksidasi karbohidrat yaitu bakteri amiliotik yang secara lengkap menjadi CO2 dan H2O, atau memecah-nya menjadi asam, alkohol, aldehida atau keton. Kemudian bakteri proteolitik dapat memecah protein yang terdapat di dalam makanan menjadi polipeptida, asam amino, amonia, dan amin. Selanjutnya beberapa  spesies tertentu dapat memecah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Meskipun bakteri membutuhkan vitamin untu proses metabolismenya, beberapa dapat mensintesis vitamin-vitamin tersebut dari komponen lainnya di dalam medium. Bakteri lainnya tidak dapat tumbuh jika tidak ada vitamin di dalam mediumnya.

II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Mikrobia Proteolitik
Bakteri proteolitik adalah bakteri yang memproduksi enzim protease ekstraseluler, yaitu enzim pemecah protein yang diproduksi di dalam sel kemudian dilepaskan keluar dari sel. Semua bakteri mempunyai enzim protease di dalam sel, tetapi tidak semua mempunyai enzim protease ekstraseluler
Enzim protease ini merupakan enzim degradatif yang mengkatalisis hidrolisis ikatan peptida pada protein. Menurut Nomenclature Committee of The International Union of Biochemistry and Molecular Biology, enzim protease dikelompokkan dalam kelas hidrolase karena didalam aktivitasnya membutuhkan H2O. 
ingin lebih legkap?
Tafadhal download pada link dibawah ini...
in here

Comments

Popular posts from this blog

Reaksi Mailard

Oils and Fats Technology

FACTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEHIDUPAN MIKROBA YANG BERPERAN DALAM PENGOLAHAN PANGAN